Perjalanan Keliling Indonesia oleh Tim GCK Koperasi “Kopma UGM”

Sabtu (21/04) Tim GCK (Gerakan Cinta Koperasi) membuat sejarah baru, setelah baru di deklarasikan pada tanggal 15 April 2012 tim GCk langsung mencoba menggoreskan tinta emas  dengan melakukan roadshow ke seluruh koperasi mahasiswa yang ada di Indonesia. Menurut Fajar Kurniawan selaku pendiri GCK “Program ini nantinya tidak hanya akan dilakukan di Indonesia saja, namun kita akan selalu mengembangkan sayap untuk bisa ke luar negeri,yaitu Malaysia dan Singapura.

Program ini dimulai dari Kota Semarang dengan mengunjungi kampus UNDIP (Universitas Diponegoro), UNNES (Universitas Negeri Semarang) dan IAIN WaliSongo (Institut Agama Islam Negeri Walisongo). Melalui kegiatan ini tim GCK bermaksud untuk memperluas jaringan/relasi antar koperasi mahasiswa yang ada di Indonesia, selain itu program ini bertujuan untuk mengetahui kondisi Koperasi mahasiswa yang ada di kampus lain.

Roadshow ke Semarang ini diikuti oleh 4 Mahasiswa, yaitu Fajar, Andri, Andra dan saya sendiri. Kami memulai perjalanan menuju Semarang pukul 06:30 dan sampai tujuan pukul 09:30 melewati jalur Jogja-Magelang-Temanggung-Ambarawa-Ungaran-Semarang. Sesampainya di Semarang kami langsung menuju kampus UNDIP dan disana kami disambut baik oleh BEM-KM UNDIP (karena koperasi mahasiswa UNDIP telah lama vacum). Bertempat di gedung PKM kami berbicang dan diskusi terkait halnya dengan koperasi mahasiswa itu sendiri. Menurut mbak Ririn (BEM-KM), koperasi mahasiswa UNDIP   memang telah lama vacum dan sekarang yang masih ada hanya koperasi. Kami berbincang banyak tentang perkoperasian, profil koperasi ‘kopma UGM’, kegiatan kegiatannya, divisi usahanya dan sebagainya. Kami melihat dan merasakan semangat dan antusias dari temen temen UNDIP terutama temen temen dari Fak Kedokteran yang memang berencana mendirikan koperasi untuk Hima (Himpunan Mahasiswa red.)  mereka.

GCK ke UNDIP

Roadshow GCK

Setelah dari UNDIP perjalanan kami lanjutkan menuju ke UNNES dan bermalam di IAIN Walisongo. Di UNNES kami juga disambut cukup baik, saat kami datang ternyata Kopma UNNES baru melaksanakan diksar (baca; pendidikan dasar) namun kami  tetap berbincang dengan ketua umum kopma UNNES. Terakhir kami menuju dan bermalam di IAIN Walisongo.  Di IAIN Walisongo kami juga mendapat sambutan yang tak kalah dari kampus kampus sebelumnya. Layaknya koperasi ‘kopma UGM’, kopma IAIN Walisogo juga mempunyai beberapa unit usaha diantaranya ada minimarket, fotokopi, kafetaria, dan yang sedang direncanakan adalah membangun rusunawa (rumah susun mahasiswa).

Roadshow GCK

Roadshow GCK

Pada akhirnya, setiap koperasi mahasiswa meiliki karakteristik, kelebihan kekurangan dan ciri khas masing masing tinggal bagaimana pengurus dan anggota memanfaatkannya agar koperasi mahasiswa menjadi lebih baik dab lebih baik lagi. Kami ucapkan terima kasih untuk temen temen yang ada di UNDIP, UNNES dan IAIN Walisongo yang telah berseda menerima kami. Semoga senyum kalian akan selalu menjadi tali penguat persahabatan kita. (Oji, MO)

Roadshow GCK

Roadshow GCK

Kunjungan ke IAIN walisongo Semarang

Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang

 

http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/22/perjalanan-keliling-indonesia-oleh-tim-gck-koperasi-kopma-ugm/