Tim GCK Koperasi “Kopma UGM” dan Sosok Kartini Yogyakarta

Aksi Bakti Peringatan Hari Kartini

Sabtu (21/04) bertepatan dengan hari Kartini, untuk memperingati jasa-jasanya tim GCK berusaha memberikan sedikit langkah kecil yang bermanfaat terhadap sesama khususnya kaum ibu yang berada di Yogyakarta. Dengan penuh semangat mereka ingin menghidupkan kembali semangat Kartini yang mungkin kurang banyak terekspos selama ini. Kali ini mereka mempunyai sasaran yakni kaum ibu yang berada di wilayah sekitar kampus UGM.

Memberikan kebahagiaan terhadap sesama khususnya kaum ibu, di momen Hari Kartini ini merupakan wujud dari pengamalan dan praktek ilmu yang selama ini didapat dalam organisasi koperasi yang diikuti oleh tim. Ini mewujudkan salah satu prinsip koperasi yaitu kepedulian terhadap orang lain. Saya mengikuti kegiatan tersebut bersama tim GCK pada hari Sabtu sekitar pukul 14.00 mereka berkeliling menggunakan sepeda motor, tim GCK sebanyak 4 orang yakni Rizal, Mundi, Eliza, dan satu lagi lupa namanya.

Persiapan panitia

Ketika kita memberikan sedikit bantuan sembako, walaupun mungkin nilainya sangat sedikit buat mereka namun pengalaman berharga banyak didapatkan oleh tim GCK juga saya sebagai pendamping. Ketika kita melakukan interview kecil-kecilan terhadap mereka kaum ibu-ibu yang bekerja dan kami temui disepanjang jalan, mereka mengatakan bahwa sebagian besar dari mereka berasal dari daerah di sekitar Yogyakarta sebagai ibukota provinsi. Kebanyakan dari mereka ketika ditanya mengaku berasal dari Kulonprogo, Gunungkidul dan Sleman. Analisa yang dapat saya berikan terhadap fenomena ini yaitu memang lapangan kerja yang ada di daerah-daerah kurang memadahi sehingga mereka memilih untuk urbanisasi ke kota.

Jarak yang ditempuh dari rumah tempat tinggal ke kota tidaklah dekat, mereka juga rela berpanas-panasan dan menghitamkan kulitnya, namun mereka tetap menebar senyum kepada dunia bahwa mereka masih ada untuk bekerja demi sesuap nasi untuk keluarga. Ketika kami melakukan wawancara kepada seorang pengemis yang sudah tua “Mbah, kenapa milih pekerjaan untuk meminta-minta?” tanya saya.

“Karena adanya ya seperti ini, mau bagaimana lagi, saya sudah tua dan saya juga tidak punya anak !” jawab Mbahnya.

Kami sedikit tertunduk dan merasa iba, bagaimana kami sebagai generasi penerus bangsa menyejahterakan mereka kaum ibu yang sudah tua. Yah inilah kami tangan kecil sejumlah lima orang, melalui organisasi kami yakni Koperasi “Kopma UGM” ingin mencoba menebarkan senyum kepada mereka kaum ibu. Entah pekerjaan mereka apapun itu namun mereka adalah sosok yang menginspirasi walaupun hanya seorang pengemis namun kami dapat memperoleh jawaban atas apa yang sebenarnya menimpa mereka. Jika tidak ada mereka tidak ada pula orang-orang kaya. Karena orang disebut kaya atas bantuan orang yang disebut miskin. Allah menciptakan manusia berbeda-beda untuk saling melengkapi satu sama lain. (Alan, Staff Humas).

berita selengkapnya dapat dibaca di : http://edukasi.kompasiana.com/2012/04/22/tim-gck-koperasi-%E2%80%9Ckopma-ugm%E2%80%9D-dan-sosok-kartini-jogjakarta/

Aksi Bakti Hari Kartini

Aksi Bakti Hari Kartini

Aksi Bakti Hari Kartini

Berbagi itu indah

Kepedulian GCK terhadap masyarakat