Diskusi Keluarga Sejahtera

Diskusi Keluarga Sejahtera

DISKUSI KELUARGA SEJAHTERA

Hari, tanggal : Selasa, 15 Mei 2012
Pukul                : 19.00-selesai

Susunan Acara :
1. Pembukaan
2. Sambutan
3. Diskusi
4. Penutup
Pembicara : Azwar Anas
Moderator : M. Rizal K.
Hasil Diskusi :

Koperasi “Kopma UGM” beranggotakan 815 orang dan kekuasaan tertinggi terdapat di rapat anggota. Rapat Anggota sah apabila dihadiri lebih dari setengah anggota. Cukup sulit untuk menghadirkan lebih dari setengah anggota koperasi “Kopma UGM” dalam Rapat Anggota. Jika Rapat Anggota tidak dapat berlangsung karena tidak memenuhi ketentuan tersebut maka, Rapat Anggota dapat dilaksanakan bila peserta lebih dari 2% dari jumlah anggota. Namun, 2% jumlah anggota tidak cukup untuk memutuskan suatu keputusan demi kemajuan koperasi “Kopma UGM”. Oleh karena itu, Keluarga Sejahtera dibentuk untuk mewakili 98% anggota yang tidak hadir dalam pengambilan keputusan seperti dalam Rapat Anggota.

Keluarga Sejahtera adalah keluarga-keluarga yang dibentuk oleh anggota koperasi “Kopma UGM” yang terdiri dari 15-20 orang untuk anggota koperasi”Kopma UGM” Diksar ’98 dan minimal 5 orang untuk anggota koperasi ”Kopma UGM” Diksar ’97 ke bawah. Setiap anggota tidak boleh mempunyai Keluarga Sejahtera lebih dari satu. Keluarga Sejahtera ini bertujuan untuk mempermudah pengkoordinasian anggota koperasi “Kopma UGM”, penyampaian informasi yang efektif dan efisien, serta membuat koperasi “Kopma UGM” dan hubungan kekeluargaan antaranggota lebih baik.

Setiap Keluarga Sejahtera yang terbentuk memiliki seorang kepala keluarga yang akan menjadi utusan di setiap Keluarga Sejahtera untuk hadir dalam Rapat Anggota dan menyampaikan pendapatnya. Kepala keluarga sebagai utusan harus menyampaikan pendapatnya berdasarkan berita acara dari hasil diskusi dengan anggota keluarganya. Meskipun setiap keluarga mempunyai utusan dalam Rapat Anggota, tidak ada larangan untuk anggota keluraga yang ingin hadir dalam Rapat Anggota karena ini menyangkut hak dan kewajiban setiap anggota koperasi “Kopma UGM” sebagai pemilik.

Program Keluarga Sejahtera ini adalah program baru yang berjalan sekitar dua bulan dan belum banyak Keluarga Sejahtera yang terbentuk atau terdaftar. Pembentukan Keluarga Sejahtera diharapkan dapat meminimalisasi anggota yang tidak terkoordinasi dengan baik karena untuk mengkoordinasi 5-10 anggota akan lebih mudah daripada mengkoordinasi 815 anggota. Dengan demikian, keakraban dan silaturahmi anggota akan lebih baik dan akan memberikan keuntungan bagi koperasi “Kopma UGM” dan anggota koperasi sebagai pemilik. Manfaat lainnya adalah anggota lebih mudah dalam menyampaikan ide-idenya untuk membangun koperasi yang lebih baik. Selain itu, ini adalah usaha untuk menarik semua anggota kopersai “Kopma UGM” untuk berperan aktif dalam membangun koperasi yang lebih baik. Namun, hal ini sangat tergantung dengan kesadaran masing-masing anggota. (Rinda,Cintiya/Kansas, MO)

Keluarga Sejahtera

Diskusi Keluarga Sejahtera

Azwar Anas
Pemateri Diskusi Keluarga Sejahetera