Aksi Damai Gerakan Pemuda Koperasi

Delegasi Koperasi “Kopma UGM”

Yogyakarta (12/7), Peringatan hari koperasi yang jatuh pada hari kamis 12 juli 2012 diwarnai dengan berbagai acara yang menarik. Salah satunya long march yang diadakan oleh Kopma UIN Sunan Kalijaga. Dalam acara ini Koperasi “Kopma UGM” mendelegasikan tiga orang anggotanya untuk menghadiri undangan dari Kopma UIN Sunan Kalijaga. Ketiga orang tersebut adalah Ahmad Yuana Putra, Adnan Rahmawan, dan Rinda Fitaningsih.

Persiapan Aksi Damai Pemuda Koperasi

Sebelum mengikuti long march ketiga delegasi tersebut berkumpul di Koperasi “Kopma UGM” dan berangkat bersama menuju Kopma UIN Sunan Kalijaga. Setibanya di UIN Sunan Kalijaga ketiga perwakilan Koperasi “Kopma UGM” ini disambut oleh Meika yang merupakan salah satu panitia acara ini. Dia mengatakan bahwa kegiatan long march ini akan diikuti oleh seluruh anggota Kopma UIN Sunan Kalijaga dan semua undangan.

Aksi Long March Hari Koperasi

Rangkaian acara long march diawali dengan makan pagi bersama, selanjutnya semua peserta diberikan pengarahan oleh wakil dari Dekopin. Setelah mendapatkan pengarahan dari pihak dekopin para peserta langsung menuju ke Gedung Kepatihan dengan menggunakan bus yang telah disediakan oleh panitia. Di Gedung Kepatihan para peserta mengadakan brefing terlebih dahulu dan melakukan persiapan-persiapan berupa pemakaian atribut berupa spanduk, bendera, dan ada yang memakai kostum robot. Sepanjang perjalanan peserta long march menyuarakan mars koperasi dan membangi-bagikan bendera kepada pengendara maupun pejalan kaki yang ada di sepanjang jalan yang kami lewati. Tujuan mereka adalah kawasan 0 (nol) km.

Aksi Teaterikal Robot Koperasi

Para peserta aksi long march ini menyampaikan orasi tentang dunia perkoperasian yang bersifat damai dan tidak lupa mengucapkan selamat hari koperasi kepada masyarakat sekitar kawasan. Sebelum penutupan acara para peserta long march menandatangani sebuah spanduk sebagai wujud aksi damai menyambut hari koperasi dan selanjutnya acara long march ditutup dengan aksi teatrikal robot-robot koperasi. Hal ini sangat menarik bagi warga sekitar.

Setelah penutupan aksi long march, para peserta kembali ke Kopma UIN Sunan Kalijaga. Mereka melakukan foto bersama dan dilanjutkan makan siang bersama sebagai tanda berakhirnya seluruh rangkaian aksi peringatan Hari Koperasi.

(Rinda, Kansas)